Featured

Keputih Gatal Setelah Menstruasi

Kalau kita berbicara mengenai keputihan sebetulnya hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat wajar, yang sering dialami oleh hampir sebagian besar wanita. Sebenarnya jika mau ditelisik lebih jauh keputihan ini justru penting sekali bagi seorang wanita karena dengan datangnya keputihan organ paling intim kita yakni vagina akan terjaga terus kebersihannya, bisa selalu terlindungi dari infeksi.

Pada saat keputihan terjadi, leher rahim akan memproduksi lendir yang nantinya akan dikeluarkan lewat vagina. Tidak hanya lendir yang keluar dari vagina melainkan juga sel-sel mati dan bakteri. Inilah yang membuat keputihan menjadi hal yang menguntungkan bagi seorang wanita.

Kalau keputihan yang dialami masih tergolong normal, dalam arti tidak berwarna, tidak berbau, tidak merasakan nyeri dan tidak terasa gatal tidak akan menjadikan masalah namun lain halnya jika keputihan yang dialami termasuk ke dalam kategori tidak normal.

Yang tergolong ke dalam kategori keputihan tidak wajar banyak sekali. Ada keputihan yang warnanya coklat (ada darahnya), ada keputihan yang berlendir yang berwarna kuning dan hijau serta keputihan gatal setelah menstruasi. Uraian selanjutnya akan membahas tentang keputihan jenis ini.

Beberapa faktor bisa menyebabkan seseorang mengalami keputihan gatal setelah menstruasi, seperti karena tumor, karena jaringan abnormal, karena fistula, karena iritasi, karena ada benda asing yang masuk ke dalam vagina dan karena faktor psikologis.

Keputihan gatal setelah menstruasi ini sebetulnya bisa dicegah kemunculannya asalkan kita bisa menjalankan beberapa hal di bawah ini :

  • Jangan malas untuk mengganti pembalut, terutama pada saat menstruasinya sedang banyak-banyaknya.
  • Pada waktu datang bulan dan saat sedang banyak kegiatan disarankan untuk mengganti celana dalam sebanyak dua sampai dengan tiga kali dalam sehari.
  • Hindarilah mengenakan celana dalam yang ketat, sebaliknya dianjurkan sekali untuk menggunakan celana dalam yang menyerap keringat.
  • Usahakan agar organ intim kewanitaan kita (vagina) tetap berada dalam keadaan bersih, kering dan tidak lembab.
  • Lakukanlah hubungan seksual hanya dengan pasangan kita.
  • Kalau tidak perlu sekali hindarilah untuk menggunakan bedak, parfum, cairan pembersih vagina atau hal lain yang sejenis pada vagina kita.
  • Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi, yang kaya akan nutrisi.
  • Jauhilah hal-hal yang bisa memicu stres atau depresi.

Meskipun kita sudah tahu kalau mengalami keputihan gatal setelah menstruasi sebaiknya untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat tetap harus melakukan pemeriksaan secara intensif ke dokter. Nantinya dokter akan meminta kita untuk menjalani serangkaian tes.

Tes yang akan dilakukan banyak sekali, seperti tes mikroskopis cairan keputihan, tes darah, tes urin serat USG. Dengan tujuan agar bisa diketahui penyebabnya yang pasti. Dengan demikian bisa dilakukan penanganan yang tepat.

Klik disini untuk informasi lengkap lebih tentang cara mengatasi keputihan.

 

Advertisements

Tips Dan Cara Jitu Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel

Untuk menghilangkan bekas jerawat pun tidak bisa sembarangan – tergantung dari bentuk,ukuran, warna serta kedalamannya.

Orang bilang, wajah adalah modal utama bagi seseorang. Tak heran banyak yang ingin memiliki wajah mulus bebas dari masalah kulit –seperti jerawat, flek hitam, atau komedo. Berbagai produk kecantikan pun menjadi solusi untuk mewujudkan impian memiliki wajah halus tanpa noda.

Jerawat sering meresahkan banyak orang. Bahkan bekasnya pun bisa jadi masalah berikutnya jika Anda tidak menanganinya dengan baik.

Faktanya, tidak semua produk kecantikan atau obat jerawat yang dijual di pasaran dapat membuahkan hasil manis. Bahkan tak sedikit produk yang justru membuat jerawat bertambah parah.

Banyak faktor yang diduga menyebabkan timbulnya jerawat –seperti faktor hormonal, gaya hidup, dan faktor genetik.

Jangan mudah menyerah, jika impian Anda memiliki kulit mulus belum terwujud.Menghilangkan bekas jerawat memang membutuhkan proses yang tidak sebentar. Untuk itu selain dibutuhkan kesabaran serta ketekunan dalam merawat kulit, Anda juga dapat mengonsumsi H2 Fair Skin untuk hasil yang maksimal.

Teknik yang sering digunakan untuk menangani bekas jerawat dengan cepat antara lain :

  • Terapi laser
  • Dermabrasi
  • Chemical Peeling

Selain itu penggunaan obat pada keadaan yang ringan juga dapat diberikan untuk merawat kulit.

Sementara itu, Anda juga bisa menghilangkan bekas jerawat dengan mengurangi faktor risiko. Misalnya dengan menjalani gaya hidup sehat. Seimbangkan konsumsi makanan dengan perbanyak sayuran dan buah (khusunya yang kaya vitamin A, C, dan E), serta jangan lupa perbanyak minum air putih.

Namun, semua terapi dan obat-obatan ini sebaiknya tidak dilakukan tanpa berkonsultasi dengan ahlinya untuk menghindari efek samping dari sebuah produk. Bagaimanapun juga, kondisi kulit setiap orang tidaklah sama.

Tips

Cucilah muka secara teratur, minimal dua kali sehari. Jangan malas untuk membersihkan muka, terlebih setelah penggunaan make-up. Pastikanjuga Anda bebas stres dan tidur yang cukup, yakni sekitar 8 jam sehari.

Untuk membantu memelihara kesehatan kulit, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung L-Cystein, Collactive, Hytolive dan Vitamin C seperti H2 Fair Skin. Dengan mengonsumsi suplemen H2 Fair Skin, kulit Anda semakin cerah dan flek hitam akibat bekas jerawat atau proses penuaan pun hilang.

Disamping bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit, kandungan ekstrak alami buah zaitun di dalamnya merupakan antioksidan dengan kualitas tinggi.

Tips Perawatan Kecantikan Untuk Kulit Wajah Yang Sensitif

Pada dasdarnya, orang yang memiliki wajah sensirif memang membutuhkan penanganan yang lebih khusus dan tidak boleh sembarangan menggunakan produk kecantikan. Ada beberapa ips yang dapat kami berikan bagi kalian yang memiliki kulit sensitif. Berikut kami berikan ulasan serta tips nya..

Menghindari Perawatan Peeling

Anda memiliki kulit wajah yang mudah kemerahan, gunakan produk perawatan yang mengandung licorice, aloe vera atau algae. Hindari melakukan perawatan peeling atau mikrodermabrasi, serta hindari juga produk yang mengandung asam glikolat. Selain itu, perbanyaklah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan probiotik, seperti yoghurt, yang dapat mencegah kulit kemerahan atau gatal.

Penggunaan Krim Yang Tepat

Jika wajah anda sering mengalami reaksi alergi, Anda dapat mengaplikasikan krim yang mengandung kortikosteroid pada area yang mengalami iritasi. Anda juga bisa mengaplikasikan kompres buatan sendiri di rumah menggunakan handuk yang dicelup ke dalam susu, yang ditempelkan pada area yang iritasi. Anda dapat melakukan hal tersebut tapi ingat dengan catatan anda tidak memiliki luka terbuka pada wajah Anda.

Hindari Produk Yang Menggunakan Bahan Dasar Alkohol

Jika wajah anda sering kering, hindari untuk menggunakan produk yang mengandung alkohol, karena produk tersebut dapat membuat kulit Anda menjadi semakin kering. Selain itu, hindari juga untuk menggunakan sabun wajah yang mengandung butiran scrub, karena akan mengiritasi kulit Anda.

Penggunaan Pelembab Diwaktu Yang Tepat

Dan bagi Anda yang memiliki kulit kering, setelah mencuci wajah, sebaiknya Anda jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap pada wajah. Anda dapat mengaplikasikan pelembap tersebut secara berulang, sebanyak 2-3 kali sehari, ingat lakukan ini secara berulang kali dan rutin demi mendapatkan efek yang lebih maksimal.

Jika saran yang kami berikan belum memberikan efek yang maksimal, kami menyarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter kulit secara langsung agar dokter spesialis kulit agar dapat memilih produk kecantikan yang paling seseuai untuk kondisi kulit anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi ke kami. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

14 Macam Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh Anda

Olahraga merupakan obat alami yang bisa Anda dapatkan dengan mudah tanpa biaya mahal, namun sering kali diabaikan sehingga menimbulkan beragam keluhan kesehatan. Tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga. Berapa pun usia Anda, bukti ilmiah membuktikan bahwa aktivitas fisik dapat membuat Anda memiliki tubuh yang lebih sehat dan bahagia. Perlu Anda ketahui gaya hidup yang tidak aktif lebih berbahaya bagi kesehatan daripada obesitas.

Beragam manfaat olahraga bagi tubuh yang bisa Anda dapatkan, di antaranya adalah:

  1. Jantung Dan Stroke – Olahraga rutin setiap hari dapat membantu mencegah Penyakit Jantung dan Stroke, olahraga akan memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan tingkat kolesterol baik (HDL) high-density lipoprotein dan menurunkan kadar kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL), serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.
  2. Diabetes – Olahraga dapat membantu mengurangi lemak tubuh, sehingga dapat mencegah sekaligus mengendalikan diabetes tipe 2
  3. Tekanan Darah Tinggi – Dengan berkurangnya lemak tubuh, terjadi juga penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi
  4. Mencegah Nyeri Punggung – Peningkatan kekuatan dan ketahanan otot serta fleksibilitas tubuh yang didapat dari olahraga rutin dapat membantu mencegah nyeri punggung.
  5. Menangkal obesitas – Aktivitas fisik teratur mampu mengurangi lemak tubuh serta membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Jika disertai dengan asupan nutrisi yang sesuai, olahraga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mencegah obesitas sebagai pemicu berbagai penyakit
  6. Menunda keterbatasan fisik saat usia tua – Olahraga, seperti berlari atau latihan aerobik lainnya, terbukti dapat menunda terjadinya keterbatasan fisik pada orang lanjut usia.
  7. Menekan risiko osteoporosis – Olahraga dengan mengangkat beban secara teratur dapat membantu proses pembentukan tulang, sehingga mencegah berbagai gangguan pada tulang seiring pertambahan usia, seperti osteoporosis
  8. Meningkatkan Kualitas Hidup – Manfaat olahraga tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan fisik, namun juga untuk meningkatkan kualitas hidup. Beberapa di antaranya yaitu:
  9. Memperbaiki Suasana Hati – Ketika Anda merasa stres, karna telah menjalani hari yang penuh tekanan, gunakanlah setidaknya 1-2 jam berlatih di pusat kebugaran yang sudah terbukti dapat membantu memperbaiki suasana hati Anda. Olahraga dapat menstimulasi suatu zat kimia pada otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan santai.
  10. Menumbuhkan kepercayaan diri – Olahraga yang dilakukan secara teratur juga dapat membuat Anda lebih percaya diri terhadap penampilan Anda.
  11. Mengatasi dan Meringankan Stres – Penelitian terhadap efek psikologis dari olahraga mengungkapkan bahwa aktivitas tersebut dapat mengurangi depresi dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stres.
  12. Membuat Tidur Lebih Nyenyak – Apakah Anda sulit tidur pada malam hari atau kerap terbangun di tengah malam? Olahraga teratur dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan nyenyak. Namun hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.
  13. Mengembalikan Gairah Seksual – Nah alasan yang satu ini pasti akan membuat pasangan anda jauh lebih bahagia, Apakah Anda sering kali terlalu lelah atau merasa tidak nyaman dengan bentuk tubuh pada saat akan berhubungan intim? Mulailah berolahraga untuk mendorong semangat sekaligus mendapatkan tampilan tubuh yang lebih baik. Selain itu, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan gairah pada wanita dan menurunkan risiko disfungsi ereksi pada pria.
  14. Menikmati waktu menyenangkan – Olahraga dan aktivitas fisik merupakan salah satu cara untuk menghabiskan waktu luang dengan menyenangkan. Juga dapat membantu mempererat hubungan dengan keluarga dan teman saat melakukannya bersama-sama.

Secara umum, orang dewasa berusia 19-64 tahun membutuhkan dua jenis olahraga, yaitu latihan aerobik dan latihan untuk kekuatan otot. Total waktu olahraga yang dibutuhkan adalah sekitar 150 menit per minggu. Anda dapat membaginya dalam beberapa hari. Misalnya 30 menit per hari, 5 hari dalam seminggu.

Latihan aerobik yang dapat dilakukan antara lain adalah bersepeda atau berjalan cepat. Tanda bahwa latihan aerobik yang Anda lakukan sudah benar adalah ketika detak jantung meningkat dan Anda berkeringat.

Di antara latihan aerobik, selingi dengan latihan untuk memperkuat otot-otot kaki, pinggul, perut, dada, bahu, dan lengan. Latihan kekuatan otot sangat bermanfaat untuk meningkatkan energi dan stamina Anda, membantu tidur lebih nyenyak, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan metabolisme.